Minggu, 19 Januari 2014

Akademi farmasi al-fatah

                       
                                                                        FARMASI

                                                                             



        Farmasi (bahasa Inggris: pharmacy, bahasa Yunani: pharmacon, yang berarti: obat) merupakan salah satu bidang profesional kesehatan yang merupakan kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia, yang mempunyai tanggung-jawab memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan obat. Ruang lingkup dari praktik farmasi termasuk praktik farmasi tradisional seperti peracikan dan penyediaan sediaan obat, serta pelayanan farmasi modern yang berhubungan dengan layanan terhadap pasien (patient care) di antaranya layanan klinik, evaluasi efikasi dan keamanan penggunaan obat, dan penyediaan informasi obat. Kata farmasi berasal dari kata farma (pharma). Farma merupakan istilah yang dipakai pada tahun 1400 - 1600an.
Institusi farmasi Eropa pertama kali berdiri di Trier, Jerman, pada tahun 1241 dan tetap eksis sampai dengan sekarang.http://id.wikipedia.org/wiki/Farmasi
Farmasis (apoteker) merupakan gelar profesional dengan keahlian di bidang farmasi. Farmasis biasa bertugas di institusi-institusi baik pemerintahan maupun swasta seperti badan pengawas obat/makanan, rumah sakit, industri farmasi, industri obat tradisional, apotek, dan di berbagai sarana kesehatan.
  
                    
Fakultas Farmasi merupakan fakultas terbaru di UI yang didirikan berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Indonesia Nomor 2408A/SK/R/2011 tanggal 29 November 2011. Fakultas ini sebelumnya merupakan bagian dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dalam wujud Departemen Farmasi.
Jurusan Farmasi FMIPA UI didirikan dan mulai menerima mahasiswa angkatan pertama pada bulan September 1965. Jurusan yang semula berlokasi di Jl. Diponegoro Jakarta Pusat ini, tergabung dalam satu fakultas yang awalnya bernama Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA) yang kemudian berdasarkan Kepres No. 44 tahun 1982 berubah menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Pada tahun 1971-1977 Jurusan Farmasi berlokasi di belakang Fakultas Ekonomi UI Jl. Salemba Raya 4 Jakarta Pusat, dan tahun 1977-1987 menempati gedung di belakang gedung Rektorat UI Jl. Salemba Raya 4 Jakarta Pusat.
Pada tahun 1987, Jurusan Farmasi menempati gedung D FMIPA UI bersama Jurusan Matematika di Kampus Baru Universitas Indonesia Depok. Sejak tahun 2000, disamping menempati gedung D, kegiatan administrasi Departemen Farmasi dipusatkan di Gedung C.
Pada saat kepindahan ke Depok (tahun 1987), Jurusan Farmasi baru mengelola Program S1 dan Program Apoteker dengan jumlah mahasiswa l.k. 200 orang dan jumlah dosen 30 orang.
Dewasa ini Jurusan Farmasi mengelola 4 program studi yaitu:
  • Program pendidikan sarjana farmasi
  • Program pendidikan apoteker/farmasis
  • Program pendidikan magister farmasi
  • Program pendidikan doktor farmasi
Berdasarkan Keputusan Majelis Wali Amanah Universitas Indonesia Nomor 01/SK/MWA-UI/2003 tanggal 18 Januari 2003 tentang Anggaran Rumah Tangga UI, maka Jurusan Farmasi FMIPA UI telah disesuaikan namanya menjadi Departemen Farmasi FMIPA UI.
Selanjutnya guna menunjang pendirian Rumpun Ilmu Kesehatan yang terintegrasi di dalam lingkungan UI, maka berdasarkan Keputusan Rektor Nomor 2408A/SK/R/2011 tanggal 29 November 2011 tentang Pembukaan Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, maka Departemen Farmasi FMIPA UI berubah menjadi Fakultas Farmasi UI.[1][2]http://id.wikipedia.org/wiki/Fakultas_Farmasi_Universitas_Indonesia


         kenapa perlu *pake banget* nyari istri dari jurusan Farmasi (ITB yaa, khususon). *Tariiiik nafaaas..hembuskaaaan…*
1. Karna passing grade dan peminatnya yang tinggi, maka udah gak diragukan lagi dooong kualitas mahasiswi Farmasi (?) Yup, saya bisa menjamin bahwa seluruh mahasiswa Farmasi ITB tuh cerdassss!!!! Cucok banget untuk dijadiin mommy untuk anak-anak Anda kelak. Gak mau kaaan punya istri blah bloh? Hehehe *ngelus dada * *mulai narsis*
2. Karna letak gedung Farmasi yang strategis, so, mahasiswa Farmasi punya pergaulan yang luas Men! Ada sisi positif negatifnya siiiy. Positifnya, kebanyakan mahasiswa Farmasi tuh supel, gahol, gak odong, dan gak cufu. Negatifnya, karna pergaulannya yang luasss, mahasiswi Farmasi jadinya laris manis *tsaaah*. Makanyaaa, kalo Anda punya gebetan anak Farmasi, buruaaaaan lamar dan ajakin nikah!!! Takut kehabisaaan *-_- emangnya barang?*

3. Perkuliahan yang padet dan teratur selama 4 tahun membuat mahasiswa farmasi terbiasa dengan keteraturan dan manajemen diri. Udah terbiasa banget bangun pagi dooong, lha wong kuliahnya slalu jam 7 hehehe. Cucok kan buat dijadiin istri? Mosok punya istri hobby bangun siang? Sarapan apa dong anak-anak ntar?
4. Karna lembaga kemahasiswaannya gak rekomenin mahasiswanya pulang malem, so, jarang banget mahasiswa farmasi yang seneng keluyuran malem. Ya iyalah, setelah seharian bejibaku dengan academics stuffs, mau gak mau malem harinya mahasiswa farmasi harus duduk manis ngerjain tugas atau belajar. We have no spare time mameeeen! Dipikir-pikir, berabe juga ya kalo punya istri suka keluyuran malem. Gak ada yang ngelonin!
5. Karna mayoritas cewek, mahasiswa farmasi mau gak mau harus mandiri. Temen saya aja pas jaman TA dulu suka ngangkut 20 liter aquades dari PAU ke gedung farmasi. Yaaaa, mau gimana lagi. Masa minta tolong ke sesama cewek? Hehehe. Nah, hal ini bagus banget lho bagi anda yang sering tugas keluar kota. Istri bisa menghandle semua kerjaan ringan hingga berat slama anda pergi. Hehe.
6. Terakhir, dan poin paling penting yang gak dimiliki jurusan lain di ITB adalah, mahasiswa farmasi adalah makhluk yang sangat mengerti tentang kesehatan. Hal ini sangatlah krusial jika Anda ingin mempunyai keluarga yang selalu sehat, camprenik, jauh dari kekuleuheuan (?) dan bahagia sentosa. Percaya deh sama saya. Menikah dengan tenaga profesional kesehatan cem dokter, farmasist, perawat, bidan, dll itu adalah anugerah tersendiri. Apalagi jika Anda basically ngeblank tentang kesehatan, maka mencari istri dari jurusan Farmasi adalah solusi cerdas dalam hidup Anda. Gakgakgak*evil laugh*http://ucimaruci.wordpress.com/2013/05/16/kenapa-perlu-pake-banget-nyari-istri-dari-jurusan-farmasi/


5 komentar:

Unknown mengatakan...

iya donx,

Unknown mengatakan...

bagus banget artikelnya,laki-laki harus baca tuh

Unknown mengatakan...

iya tuh bener,laki-laki harus baca bahwa istri seorang farmasi the best

Unknown mengatakan...

hahaha,iya bener tuh

Unknown mengatakan...

akfar al-fatah the best :)